Buah-buahan dan manfaatnya

Kesehatan merupakan hal yang terpenting yang harus kita perhatikan secara lebih serius. Berbagai makanan yang Anda konsumsi setiap hari harus Anda pikirkan dampaknya bagi kesehatan tubuh Anda.

Banyak makanan tersebut mungkin mengandung bahan-bahan yang bisa membahayakan bagi kesehatan organ-organ tubuh Anda. Sehingga dari sekarang, mulailah dengan memakan makanan yang sehat bagi tubuh Anda, salah satunya adalah buah-buahan.




Manfaat buah untuk kesehatan tubuh yang paling penting adalah memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah, tubuh kita akan menambah kebutuhan vitamin, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah juga dapat menjadi antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita.

BUAH ANGGUR

Tanaman anggur adalah tanaman buah perdu merambat, tanaman ini termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah anggur bisanya dimanfaatkan untuk membuat jus, minyak biji anggur, minuman anggur. Buah anggur mengandung polifenol dan resveratol yang berfungsi membantu metabolisme tubuh, selain itu khasiat dari buah anggur dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan beberapa penyakit lain.









Buah anggur mengandung vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin K, asam galat, glukosida, mangan, zat besi, dan kalsium. Buah anggur terdapat senyawa lain seperti zat polifenol dan resveratol yang dikenal sebagai antioksidan.


Buah anggur bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara, prostat, dan usus besar. Selain itu buah anggur juga dapat menurunkan resiko stroke,  menyehatkan ginjal dan pencernaan. Kandungan lain buah anggur juga dimanfaatkan untuk antioksidan dan anti mikroba. Karena kandungan gulanya yang cukup tinggi, anggur tidak cocok untuk penderita diabetes.

BUAH APEL

Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.





Buah apel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C. kandungan serat pada buah apel dapat membuat kenyang lebih lama pada lambung kita, sehingga buah apel ini cocok untuk diet dan selain itu aman untuk usus kita.
Buah apel selain membantu kerja usus halus juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi resiko gangguan pernapasan, mengontrol gula dalam darah, mengatasi masalah osteoporosis, membantu mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolesterol, mengatasi diare, serta menyehatkan jantung.

BUAH ALPUKAT

Buah alpukat mengandung lemak sehat oleat (omega-9), vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, zat besi, tembaga, kalium, serat, dan asam solfat. Buah alpukat kaya akan manfaat dan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.







Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

BUAH ASAM JAWA

Asam jawaasam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yaitu jamu gendong.






Buah asam mengandung kalsium, fosfor, asam nitrat, asam malat, dan asam pipekolat. Buah asam bermanfaat untuk mengobati sariawan.
Manfaat buah asam yang lain yaitu untuk meningkatkan nafsu makan, membantu fungsi organ pencernaan, membantu mengatur kadar kolesterol dan trigliserida, dan juga untuk mengatasi sembelit.

BUAH ARBEI

Buah arbei mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, asam folat, kalsium, dan fosfor. Buah arbei juga memiliki kandungan saponin berupa glikosida, favonoida, polofenol serta memiliki antibakteri.


Buah arbei bermanfaat untuk mengobati sariawan, untuk meringankan gejala diare, membantu melawan kanker, sebagai obat tifus dan dapat digunakan untuk mengobati maag.

BUAH BENGKUANG

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawamenyebutnya sebagai besusu (/bÉ™susu/).



Buah bengkoag mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, lemak, dan karbohidrat. Buah bengkoang baik untuk kulit karena itu sering dijadikan sebagai bahan utama untuk perwatan kecantikan.
Buah bengkoang selain bermanfaat mencerahkan kulit berguna juga untuk mencegah penuaan dini pada wajah, merawat kulit tetap sehat dan melembabkan kulit.

BUAH BELIMBING



Buah belimbing mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, niacin, fosfor, zat besi, kalori, protein, lemak, karbohisrat, serat dan juga kalsium. Buah belimbing bersifat antioksidan dan juga seratnya berguna bagi kesehatan pembuluh darah.
Buah belimbing dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hipertensi, menurunkan kadar kolesterol. Melancarkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, mengatasi gangguan hati, dan sebagai antioksidan alami.

BUAH BLEWAH

Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.
Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.


Buah blewah mengandung vitamin A, vitamin C, mineral kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, seng, kobalt, dan juga krom. Buah blewah sangat baik dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit jantung dan kanker.
Buah blewah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker rahim, untuk menjaga kesehatan jantung, mengatasi batu ginjal, mencegah asam urat, mengatasi insomnia, dan sebagai sumber antioksidan yang baik.

BUAH BLUEBERRY

Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupasemak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi". Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.






Buah blueberry mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kabohidrat dan juga lemak. Serta mengandung berbagai mineral seperti mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan juga seng.
Seperti halnya buah stroberi, buah blue berry memiliki banyak manfaat yang luar biasa terutama adalah manfaat antioksidan yang terkandung didalamnya, meskipun dari gambar buah blueberry terlihat mungil namun khasiat yang diberikan daru buah yang satu ini sangat luar biasa.
Apa saja manfaat dan khasiat dari buah blueberry, simak beberapa rincian berikut ini :
Manfaat buah blue berry mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan lemak berlebih, mempertajam penglihatan, Menyehatkan tulang sehingga tidak mudah terkena osteopororsi.
Buah blue berry juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, memperkuat daya ingat, menyehatkan jantung, anti oksidan yang terkandung didalamnya mampu mencegah kanker, mencegah infeksi saluran kemih serta mampu menurunkan kadar gula darah

BUAH CEMPEDAK

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.
Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasukThailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.



Buah cempedak memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Manfaat utama buah cempedak adalah untuk menyehatkan mata.
Buah cempedak juga memiliki banyak manfaat seperti mengobati tumor, untuk mengurangi kolesterol dalam darah, untuk mengusir parasit, untuk meredakan malaria, membantu proses pencernaan, dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

BUAH CERMAI

Cermai, ceremai, cereme atau cerme adalah namag sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain  seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberryMalay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.



Buah cermai mengandung vitamin C, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, dan ribloflavin. Dan ada juga kandungan lain seperti saponin, tanin, polifenol, asam galus, zat samak, dan toksik.
Buah cermai bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti mengobati sembelit, untuk mengobati asma, untuk meringankan penyakit kanker, untuk menambah daya tahan tubuh, digunakan sebagai pelangsing, untuk menyehatkan tulang dan sangat baik untuk pertumbuhan.

BUAH COKLAT

Buah kakao memiliki kulit yang tebal, sekitar 3 cm. Daging buahnya yang disebut pulp tidak dimanfaatkan. Pulp ini mengandung gula dan membantu proses fermentasi biji kakao. Setiap buah kakao mengandung biji sebanyak 30-50 biji. Warna biji sebelum proses fermentasi dan pengeringan adalah putih, dan lalu berubah menjadi keunguan atau merah kecoklatan. Kecuali satu varietas dari Peru yang warna bijinya tetap putih meski telah melalui proses fermentasi dan pengeringan.Pohon kakao dapat dibudidayakan di dalam hutan sehingga menjadikan biji kakao sebagai hasil hutan non-kayu.




Buah coklat mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, asam pantotenat, karbohidrat, lemak, kafein, kalori, mineral esensial, magnesium, fosfor, feniletilamin dan juga antioksidan.
Buah coklat dikenal mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh dan juga menangkal penyebab penyakit kanker.
Manfaat lain buah coklat antara lain digunakan sebagai bahan dasar pembuatan coklat, manfaat lain untuk kesehatan yaitu sebagai penangkal bebas, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, untuk menurunkan tekanan darah, mengobati sakit batuk, mencegah gangguan pada organ hati, mencegah kanker, mencegah penggumpalan darah, dan sebagai peningkat energi serta penghilang rasa lelah.

BUAH DELIMA

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan





Buah delima mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, thiamine, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan juga seng.
Buah delima bermanfaat untuk mencegah osteoarthritis atau kerusakan tulang rawan, untuk mencegah penyakit Alzheimer, untuk melindungi gigi, meredakan gangguan jantung, mengobati sakit kanker, untuk menambah darah, dan sebagai obat diabetes.

BUAH DUKU

Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsatkokosanpisitanceloring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda



Buah duku mengandung vitamin C, vitamin E, kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi. Buah duku juga memiliki kandungan yang bersifat antioksidan.
Manfaat buah duku yaitu untuk menjaga kesehatan gusi, mencegah penuaan dini, mempercepat pemulihan tubuh, untuk melancarkan sistem pencernaan, menguatkan gigi, untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan kulit, dan sebagai antioksidan untuk menghalangi kerusakan oleh radikal bebas.

BUAH DURIAN

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya




Buah durian mengandung banyak gizi yang cukup lengkap, diantaranya vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan omega 6, dan antioksidan.
Buah durian memiliki jumlah kalori yang tinggi dibanding buah yang lainnya. Gula alami yang ada di dalam buah durian seperti fruktosa dan sukrosa mudah dicerna sehingga dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Selain itu buah durian memiliki kandungan potassium yang membantu mengurangi rasa lelah.
Manfaat lain buah durian adalah membantu melancarkan sistem pencernaan, membantu mengontrol tekanan darah, menyehatkan sistem kardiovaskular, mengatasi insomnia, mencegah sakit kanker, mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan tulang, meredekan batuk, menurunkan berat badan, dan juga sebagai afrodisiak alami.

BUAH JAMBU BIJI

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu bijijambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C
Jambu dapat diperbanyak dengan biji. Namun demikian, perbanyakan dengan cara ini tidak disukai karena tumbuhannya lama menjadi dewasa dan juga akan berubah sifat dari induknya. Perbanyakan yang sekarang dilakukan adalah secara vegetatif, khususnya dengan cara pencangkokan.


Buah jambu biji mengandung banyak serat pangan dan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, flavonoid, lycopene, lutein, kalium, asa pantotenat, niasin, mineral magnesium, tembaga, dan mangan.
Buah jambu biji sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain seperti, meningkatkan sistem imun,menurunkan resiko terkena kanker, mengobati diare, mengobati disentri, meredakan konstipasi, membantu mengontrol kadar glukosa, mengatur tekanan darah tinggi dan kolesterol, menjaga kesehatan mata, menjaga menyehatkan kelenjar tiroid, meredakan batuk dan pilek, menjaga kesehatan kulit dan membantu system pencernaan.

BUAH JERUK

Buah jeruk merupakan buah yang lezat dengan kandungan gizi yang banyak. Rasa buah jeruk sangat digemari oleh masyarakat berbagai penjuru dunia. Buah jeruk memliki rasa yang enak dan didalam buah jeruk banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Mineral dan serat makanan (non – pati polisakarida) yang penting untuk pertumbuhan normal dan pengembangan dan keseluruhan nutrisi terdapat didalam buah jeruk.






Buah jeruk mengandung vitamin A, B1, B2, dan C, sangat baik baik bagi tubuh karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru, dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel, mengandung anti kanker bagi tubuh, dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit, dan gangguan kesehatan lain seperti mengobati sariawan dan menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.

BUAH KEDONDONG

Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarellahog plumhevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand).
Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.



Buah kedondong mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, lemak, energi, kalsium, fosfor, zat besi, kalori, dan juga sukrosa. Selain itu ada juga kandungan yang penting lainnya untuk kesehatan seperti senyawa tannin, saponin, dan flavonoida.
Buah kedondong mengandung banyak manfaat bagi kesehatan seperti memperlancar sistem pencernaaan, menambah energi tubuh, membantu menurunkan demam, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit jantung.

BUAH KELAPA

Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam .
Kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.
Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu.




Kandungan gizi buah kelapa tidak hanya pada daging buahnya, tetapi juga terdapat pada airnya. Kandungan gizi daging buah kelapa antara lain kalori, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.
Dan kandungan yang ada air kelapa meliputi makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak, dan dengan kandungan mikronutriennya berupa mineral dan vitamin, serta vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium, dan magnesium.
Manfaat kandungan buah kelapa yaitu untuk mengobati sakit panas dalam, sebagai penawar racun dalam tubuh, mengatasi nyeri saat haid, menurunkan panas demam, mengatasi demam berdarah, mengobati influenza, mengobati kencing batu, dan menggantikan cairan dalam tubuh.

BUAH KELENGKENG

Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.




Buah kelengkeng mengandung banyak gizi diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng, magnesium, dan asam tartik.
Buah kelengkeng memiliki banyak manfaat diantaranya baik untuk menenangkan dan meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi, membantu kerja jantung dn limpa, membantu mempercepat proses penyembuhan, melancarkan sirkulasi darah, sebagai pemasok energi yang baik untuk tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

BUAH KESEMEK

Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun.
Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.
Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan daun kelopak yang tidak rontok. Kesemek sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah




Buah kesemek mengandung berbagai nutrisi diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat, serat, protein, kolin, niacin, thiamin, riboflavin, pyridoxine, asam folat, kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, beta-karoten, zinc, dan licopen.
Buah kesemek bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh darah, menjaga tekanan darah tetap stabil, membantu mencegah kanker, mencegah proses penuaan dini, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan paru-paru, dan menjaga tubuh tetap langsing.

BUAH KIWI

Buah kiwi adalah sejenis buah beri berbentuk oval dengan ukuran besar sekitar sebesar telur ayam. Buah kiwi sangat baik untuk kesehatan. Buah kiwi berisi 84 miligram vitamin C yang membantu untuk membentuk karnitin, suatu senyawa yang mengangkut lemak untuk energi selama latihan. Buah kiwi kaya akan serat dengan kulit berwarna hijau kecoklatan dengan daging buah berwarna hijau. Buah kiwi memiliki rassa yang nikmat







Buah kiwi kaya akan vitamin c, serta ada juga vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, serat pangan yang baik, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, folat, riboflavin, niacin, dan tiamin.
Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penggumpalan darah, mengurangi resiko stroke, mengatasi hipertensi, mencegah serangan jantung, membantu penyerapan zat besi, membantu proses pencernaan, menurunkan resiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan juga sebagai sumber antioksidan.

BUAH KURMA

Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka dapat tumbuh dengan mudah dari bakal biji, tetapi hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sebagian besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pada tanaman, terutama pada kultivar 'Medjool' karena bisa menghasilkan panen yang banyak serta buah yang manis dan besar. Tanaman yang tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal daripada tanaman yang menggunakan bibit.






Buah kurma mengandung banyak nutrisi, dan yang paling menonjol adalah potassium (kalium) dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat pada buah kurma yaitu vitamin B komplek, vitamin C, boron, kalsium, kobalt, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, seng, serta terdapat senyawa antioksidan seperti tannin, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin.
Buah kurma bermanfaat untuk menambah energi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatasi gangguan usus, meningkatkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, menjaga kesehatan sistem saraf, mengatasi rabun senja, dan juga sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

BUAH LANGSAT

Buah langsat berbeda dengan buah duku. Kandungan yang ada dibuah langsat yakni kalori, karbohidrat, mineral, protein, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.


Buah langsat bermanfaat untuk kesehatan dapat digunakan sebagai obat penyakit kanker, meringankan gejala demam, menguatkan tulang dan gigi, mengobati sakit malaria, mengatasi sakit disentri, menjaga kesehatan kulit, dan juga sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

BUAH LEMON

Sitrunjeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau limun adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.
Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. 




Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, potassium, zat besi, magnesium, kalsium, serta banyak kandungan senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin, dan d-limonese.
Buah lemon bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, meredakan flu dan demam, menurunkan resiko terserang sakit jantung dan stroke, membantu melawan kolera, mencegah batu ginjal, mencegah anemia, mencegah kanker, mengatasi radang sendi, dan sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh.

BUAH LECI

Tanaman buah Leci merupakan salah satu buah yang sangat di gemari oleh masyarakat pada umumnya. Karena leci ini memiliki rasa yang manis dan nikmat, leci ini bagus untuk di konsumsi oleh siapa pun, karena leci memiliki kandungan vitamin dan khasiat yang banyak.
Buah leci kaya akan vitamin C, energi, karbohidrat, gula, protein, lemak, kalium, sikrosa, dan glukosa. Buah leci mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang membantu melawan berbagai penyakit.





Buah leci bermanfaat bagi kesehatan yakni untuk mencegah penyakit kanker, mencegah sakit jantung, menjaga tulang tetap sehat, menjaga daya tahan tubuh, memperlancar metabolisme dalam tubuh, mengurangi proses penuaan, memberi nutrisi untuk kulit, dan sebagai antioksidan bagi tubuh.

BUAH MANGGA

Buah mangga memiliki rasa yang lezat saat masih mentah buah mangga memiliki rasa masam namun jika sudah matang buah mangga memiliki rasa manis dan sedikit asam. Dibalik rasanya yang lezat buah mangga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh




Dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah karena mengandung vitamin A, E, dan C, bertindak sebagai disinfektan, dapat membersihkan darah, dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti bau badan yang tidak sedap, dan menurunkan panas tubuh saat demam. Mangga juga mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit kulit seperti bisul, borok, dan lain sebagainya

BUAH MANGGIS

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia




Buah manggis banyak mengandung berbagai nutrisi, diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, xhanthones, alpha mangostin, gamma-mangostin, garcinone E, catechin, polisakarida, kuonin, stilbene, polifenol, zat besi, kalsium, magnesium, dan potassium.
Buah manggis bermanfaat untuk kesehatan diantaranya melawan radikal bebas, membantu mengurangi resiko penyakit kanker, menjaga daya tahan tubuh, mengobati disentri, mengatasi diare, mengatasi masalah kandung kemih, memperlancar sistem pencernaan,menjaga tekanan darah tetap stabil, mengobati sakit TB, dan menjaga kesehatan kulit.

BUAH MARKISA

Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan
Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).





Buah marikas banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Kandungan buah tersebut antara lain polifenol, karotenoid, Harman, harmol, harmalin, passflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Serta kandungan gizinya yakni energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamain, riboflavin, niasin, asam askorbat, dam asam nitrat.
Buah markisa bermanfaat untuk kesehatan sebagai penangkal kanker, mengatasi insomnia, mengobati batuk, mengobati alergi, menurunkan kadar kolesterol, memperlebar saluran pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, sebagai penurun panas, mencegah hipertensi, sebagai antiseptic, dan menjaga kesehatan kulit.

BUAH MATOA

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm.[1] Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun). Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea. Buah matoa memiliki rasa yang manis




Buah matoa kaya akan vitamin A dan vitamin E. Buah matoa juga mengandung glukosa jenuh, jadi sebaiknya tidak dimakan terlalu banyak Karena dapat menyebabkan anda teler.
Buah matoa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan stress, meningkatkan kesuburan, mengurangi resiko terkena penyakit kanker, mengurangi resiko terkena sakit jantung koroner, menjaga kesehatan kulit, dan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

BUAH MELON

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.
Tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.
Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe: bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik.
Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta jika mungkin, harum.





Buah melon mengandung vitamin A, vitamin C, karbohidrat, protein, lemak, dan potassium. Buah melon memiliki kandungan air yang cukup banyak seperti halnya buah semangka.

Buah melon bermanfaat untuk kesehatan seperti mencegah dari penyakit stroke, mencegah penyakit diabetes, menyehatkan mata, membantu proses pencernaan, mencegah terkena serangan jantung, dan menjaga kesehatan kulit.

BUAH MENTIMUN

Mentimuntimun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.








Buah mentimun juga mengandung kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan yang ada dalam buah mentimun antara lain, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika.
Buah mentimun bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, memperkuat serta mnyehatkan sendi, membantu mencerna protein, menjaga tekanan darah tetap stabil, melawan kanker, menjaga kesehatan kulit, dan juga sebagai antioksidan tubuh yang baik.

BUAH NANAS

Buah nanas enak dan menyegarkan, buah nanas merupakan buah tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Daun dari tanaman nanas panjang, berujung dan tajam. Buah nanas tersusun dalam bentuk roset.




Buah nanas kaya akan vitamin C dan mangan, serta mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, tembaga, serat pangan, folat, dan asam pantotenik. Buah nanas juga mengandung enzim proteolitik bromelain yang berperan membantu memecah protein.
Buah nanas bermanfaat untuk mencegah kanker, membantu sistem pencernaan, mambantu menurunkan berat badan, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, membantu penyembuhan sinusitis, memperkuat kinerja mata, dan sebagai antioksidan dari radikal bebas.

BUAH NANGKA

 Tanaman nangka masuk dalam suku Moraceae dengan nama ilmiahnya Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit. Pohon nangka dapat mencapai ketinggian 20 meter, dapat tumbuh besar hingga berdiameter 1 meter. Kulit buah nangka seperti berduri mirip dengan durian, disaat masih muda, buah nangka biasa digunakan sebagai sayuran dan setelah matang buah nangka memiliki rasa manis dan nikmat.




Buah nangka mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan seng. Buah nangka juga mengandung kandungan gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa yang dapa diolah angsung menjadi energi.
Buah nangka bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah anemia, mengobati sakit asma, menjaga tulang tetap kuat, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, dan sebagai antioksidan.

BUAH NAGA

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga)






Pada umumnya, buah naga dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0–1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.
Buah naga juga banyak mengandung kandungan air di dalamnya. Kandungan buah naga antara lain, vitamin C, vitamin B kompleks, kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, serta air.
Manfaat buah naga merah untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari pembentukan jaringan, tulang, sel darah merah, kolagen, anti oksidan serta yang membatu sel sel tubuh bekerja dalam kondisi yang baik.

BUAH PEPAYA



Pepaya merupakan tanaman yang hidup didaerah tropis dengam memiliki sifat obat serta memiliki rasa yang lezat, buah pepaya kaya akan kadar gula serta serat betakaroten. Selain menjadi asupan dengan gizi tinggi buah pepaya juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. Didalam buah pepaya mengandung senyawa yang disebut papain atau papayotin
Penting sekali bagi kesehatan, terutama untuk menguatkan sistem imun tubuh, karena mengandung vitamin C serta vitamin A yang diproduksi dalam tubuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu, dan meredakan demam. Pepaya juga dapat menyehatkan tulang, baik untuk penderita diabetes, mencegah penyakit jantung, sangat baik dalam melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Selain itu dapat mempercepat penyembuhan luka, pencegahan asma, dan mengurangi berat badan.

BUAH PIR

Pir (bahasa Inggris:pear) adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Pear adalah nama dalam bahasa Inggris.



Buah pir mengandung mineral, vitamin C, vitamin K, vitamin B9, kalium, serat, tembaga, mangan, magnesium, dan juga vitamin B kompleks.
Buah pir bermanfaat untuk membantu menyehatkan pencernaan,mengontrol tekanan darah, mencegah sakit stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit dam anti radikal bebas.

BUAH PISANG

Buah pisang  terusun pada rapi pada tandan, pada umumnya buah pisang memiliki warna kuning namun terdapat beberapa jenis buah pisang memiliki warna jingga, merah, hijau, ungu bahkan kehitaman. Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat dan vitamin sehingga manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh




Buah pisang mengandung vitamin A, Vitamin B1, vitamin B2, dan Vitamin C. manfaat buah pisang yaitu dapat membantu dalam mengurangi asam lambung dan juga membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
Buah pisang dapat menurunkan resiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, dan menormalkan fungsi jantung.

BUAH RAMBUTAN

Daging buah rambutan terbungkus oleh kulit yang seperti rambut, tanaman rambutan berasal dari daerah kepulauan sekitar asia tenggara. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah tropis seperti indonesia


Buah rambutan mengandung vitamin C, vitamin A, karbohidrat, protein, serat, serta mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, dan magnesium.
Buah rambutan bermanfaat untuk memberikan antioksidan bagi tubuh, dapat mengganti sel yang rusak menjadi sel baru, membantu proses pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengobati penyakit hipertensi, mengobati sakit diare, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker.

BUAH SALAK

Buah salak merupakan buah dari tanaman sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Buah salak dapat dimakan langsung ataupun dijadikan olahan seperti manisan, asinan, kalengan dam masih banyak lagi olahan lain dari buah salak. Buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan vitamin dan seratnya yang tinggi.




Buah salak mengandung banyak gizi seperti, vitamin C, energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serat dan juga vitamin B. Serat salak banyak terdapat pada kulit aria atau kulit tipis yang menempel pada daging buah salak. Karena itu saat memakan buah salak sebaiknya kulit aria tidak dibuang.
Buah salak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah sakit kanker, mengobati sakit diare, memperlancar pencernaan, meningkatkan kecerdasan otak, dan membantu proses diet.

BUAH SAWO

Pohon sawo cukup besar dan rindang dan dapapat mencapai ketinggian 30 hingga 40 meter. Phon sawo biasanya bercabang rendah dengan batang abu abu dan hitam kecoklatan. Pada seluruh bagian sawo mengandung lateks atau getah dengan warna putih kental.
Daun dari tanaman sawo memiliki tepi rata dan agak berbulu, berwarna hijau mengkilap dengan bentuk lonjong, pada bagian pangkalnya berbentuk baji. Tulang daun tanaman ini menonjol pada sisi arah yang berlawanan.
Tanaman sawo memiliki bunga yang biasanya tumbuh pada bagian ketiak daun dekat ranting. Buah sawo memiliki citarasa manisdengan tankai buah pendeh, buah sawo berbentuk lonjong seperti telur, saat matang kulit buah sawo mudah untuk mengelupas karena kulitnya memang cukup tipis. Biji buah dari tanaman sawo bisa mencapai 12 biji.



Buah sawo mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Serta riboflavin, nisin, vitamin B6, dan vitamin E.
Buah sawo bermanfaat untuk menguatkan tulang, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, membantu pembentukan sel darah merah, mencegah kanker usus, mengobati sariawan, mencegah penuaan dini, dan sebagai obat untuk pendarahan.

BUAH SEMANGKA

Buah semangka adalah tanaman yang tumbuh merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman buah semangka masih kerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun.Buah semangka memiliki rasa manis yang nikmat dan kesegaran yang luar biasa, pengolahannya dapat dimakan langsung atau disajikan sebagai jus buah. Isi dari biji semangka biasanya di sangrai dan dibuat kuwaci
.




Buah semangka banyak mengandung air. Buah semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalori, lemak, natrium, karbohidrat, serat, asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, dan magnesium.
Buah semangka bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan resiko kanker, mengurangi resiko serangan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan ginjal, dan meningkatkan kesehatan tulang.

BUAH SIRSAK

Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa


Buah sirsak juga cukup banyak mengandung air. Kandungan yang ada di buah sirsak antara lain karbohidrat, lemak, asam malat, asam sitrat, asam isotrat, vitamin C,dan juga mengandung serat pangan serta senyawa fitokimia lainnya yang banyak bermanfaat untuk kesehatan.
Buah sirsak bermanfaat untuk melawan sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan energi ke tubuh, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan kulit.

BUAH SRIKAYA

Srikaya (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis.
Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.



Buah srikaya mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Buah srikaya mirip dengan buah sirsak namun ukurannya lebih kecil.
Buah srikaya bermanfaat untuk memperbaiki saluran pencernaan, mengobati diare, mencegah kanker, membantu sistem pencernaan, menurunkan kolesterol tinggi, dan untuk mengobati sakit diabetes.

BUAH STROBERI

Buah stroberi mengandung provitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin C, folat, potassium serta asam ellagic. Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, dan menyimpan nutrisi yang luar biasa serta rendah kalori.





Buah stroberi mampu mengurangi kadar kolesterol, membantu mengobati kanker, dan mengurangi gejala stroke. Buah stroberi juga mampu mengobati gangguan pada kandung kemih. Biasanya buah stroberi digunakan menjadi anti virus.
Buah Stroberi kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mengurangi efek penuaan contohnya kulit kerin, kasar serta keriput. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang bermanfaat untuk melindungi serat elastis, sehingga menjaga kulit anda tetap elasttis, kencang serta mampu melawan enzim perusak kulit.

BUAH TOMAT

Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya






Buah tomat mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. manfaat buah tomat yaitu salah satunya dapat membantu membersihkan darah dan hati kita. Selain itu buah tomat juga bagus untuk kesehatan kulit kita.
Buah tomat juga dapat mencegah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan seperti gusi berdarah, rabun senja, penggumpalan darah, usus buntu, dan juga kanker prostat.

BUAH WALUH

Waluh (Cucurbita) mencakup sekelompok tumbuhan merambat anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae) penghasil buah konsumsi berukuran besar bernama sama. Tumbuhan ini berasal dari benua Amerika, tetapi sekarang menyebar di banyak tempat yang memiliki iklim hangat.




Buah waluh berwarna oranye karena mengandung beta-karotena (salah satu provitamin A dan juga sebagai antioksidan). Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang mirip bintang, berbiji besar dan berwarna coklat atau putih. Daging buahnya renyah, rasanya manis dan sedikit asam. Daun muda waluh juga dapat dibuat sebagai sayur.
Buah waluh mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin B1, fosfor, kalori, protein, hidrat arang, vitamin C, lemak, zat besi , vitamin A, natrium,dan tembaga.
Buah waluh bermanfaat untuk mencegah kanker, mengobati diabetes, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, menguatkan tulang dan mencegah radang sendi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

sumber:
http://kampoengilmu.com/manfaat-buah/
http://daunbuah.com/gambar-berbagai-macam-jenis-buah-buahan/
https://id.wikipedia.org/wiki/bengkuang


densetyo
densetyo

First